Sabtu, 11 November 2023

Project latihan dasar blink led arduino tanpa variable

1.    PERSIAPAN BAHAN:

·      Papan breadboard     :https://images.app.goo.gl/wJ9TQUehrMzGjN5Q7
·      Arduino board uno   :https://images.app.goo.gl/7mRdo1y7gE5LWhZ8A
·      LED                          :https://images.app.goo.gl/VGwgVVKz41Cm2hpM9
·      Resistor                     :https://images.app.goo.gl/X2ch6AMKBFxRaMeB8
·      Kabel jumper             : https://imagesapp.goo.gl/AFgVDAXhr7eg42Sf8


2.    RANGKAIAN DIAGRAM BLINK LED


Gambar 2.1 Control 1 LED dengan 3 kabel level mudah















Belajar dasar-dasar terkait boards microcontroller “arduino uno”

Apa itu arduino?

  • Menurut arduino.org: salah satu organisasi yang terkait dengan arduino, mendefinisikan arduino sebagai "platform elektronika open-source yang mudah digunakan untuk membuat proyek elektronika dan kontrol otomatis. Arduino juga dirancang untuk memudahkan pengembangan prototipe perangkat elektronika dengan menyediakan suatu lingkungan pemrograman yang sederhana dan mudah dipahami.
  • Menurut arduino.cc: situs resmi arduino, menjelaskan arduino sebagai "alat untuk membuat perangkat keras yang bisa diatur dan diprogram." mereka menekankan sifatnya yang open-source, yang berarti desain perangkat keras dan perangkat lunaknya dapat diakses oleh semua orang.
  • Menurut para pengguna arduino: para pengguna arduino sering menggambarkan arduino merupakan jenis boards elektronika yang memiliki mikrokontroler.
Arduino dikembangkan oleh sebuah grup bernama Arduino LLC. Grup ini didirikan pada tahun 2005 oleh Massimo Banzi, David Cuartielles, Tom Igoe, Gianluca Martino, dan David Mellis. Arduino awalnya dikembangkan sebagai platform perangkat keras dan perangkat lunak sumber terbuka yang dirancang untuk membuat prototipe perangkat elektronik dengan lebih mudah dan terjangkau.


Sejak itu, Arduino telah berkembang menjadi suatu ekosistem yang besar dengan banyak varian dan model papan mikrokontrol yang berbeda, serta dukungan dari komunitas pengembang yang besar di seluruh dunia. Arduino digunakan secara luas dalam proyek-proyek elektronik, pembelajaran, dan prototyping.

Apa itu mikrokontroler?

mikrokontroller adalah komputer yang berukuran mikro dalam satu chip IC (integrated circuit) yang terdiri dari processor, memory, dan antarmuka yang bisa diprogram. Jadi disebut komputer mikro karena dalam IC atau chip mikrokontroller terdiri dari CPU, memory, dan I/O yang bisa kita kontrol dengan memprogramnya. I/O juga sering disebut dengan GPIO (General Purpose Input Output Pins) yang berarti pin yang bisa kita program sebagai input atau output sesuai kebutuhan.

Arduino menggunakan berbagai jenis mikrokontroler tergantung pada model atau tipe board Arduino yang digunakan. Beberapa jenis mikrokontroler yang umum digunakan dalam board Arduino meliputi:

  • ATmega328: Ini adalah mikrokontroler yang paling umum digunakan dalam board Arduino, seperti Arduino Uno. Mikrokontroler ini memiliki arsitektur 8-bit, clock speed sekitar 16 MHz, dan memiliki fitur-fitur yang cukup untuk banyak proyek pemula hingga menengah.
  • ATmega2560: Digunakan dalam board Arduino Mega, mikrokontroler ini memiliki lebih banyak pin I/O dan memori yang lebih besar dibandingkan ATmega328. Ini cocok untuk proyek-proyek yang memerlukan lebih banyak pin I/O atau memori.
  • ESP8266 dan ESP32: Meskipun bukan mikrokontroler khas Arduino, modul-modul ini sangat populer untuk proyek Internet of Things (IoT). ESP8266 dan ESP32 memiliki kemampuan WiFi yang terintegrasi, memungkinkan perangkat Arduino terhubung ke internet dengan mudah.
  • ARM Cortex-M0/M3/M4/M7: Beberapa board Arduino menggunakan mikrokontroler berbasis arsitektur ARM Cortex-M, seperti Arduino Due yang menggunakan ATSAM3X8E (Cortex-M3). Mikrokontroler ARM sering digunakan dalam proyek-proyek yang memerlukan kinerja tinggi atau fitur-fitur khusus.
  • Arduino Nano, Pro Mini, dan sejenisnya: Board-board ini biasanya menggunakan varian mikrokontroler ATmega328 atau sejenisnya, tergantung pada model dan produsen tertentu.
Penting untuk diingat bahwa kemajuan teknologi dapat membawa jenis mikrokontroler baru ke dunia Arduino seiring waktu, jadi sebaiknya memeriksa dokumentasi resmi Arduino atau spesifikasi produk untuk mendapatkan informasi terkini tentang mikrokontroler yang digunakan pada suatu board Arduino.

Berikut adalah beberapa elemen penting dalam pengertian Arduino:

  • Papan Arduino (Arduino Board): Papan Arduino adalah dasar dari sistem, dan ada berbagai jenis papan Arduino dengan fitur dan spesifikasi yang berbeda. Papan tersebut memiliki mikrokontroler yang menjadi otak dari sistem dan berfungsi untuk mengontrol perangkat elektronika yang terhubung.
  • Mikrokontroler: Mikrokontroler adalah komponen utama pada papan Arduino. Ini adalah semikonduktor yang berisi unit pemrosesan pusat (CPU), memori, dan berbagai port input/output (I/O) yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan komponen eksternal.
  • IDE Arduino (Integrated Development Environment): IDE Arduino adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menulis dan mengunggah kode program ke papan Arduino. IDE ini menyederhanakan proses pengembangan perangkat lunak dengan menyediakan editor kode, alat pengompilasi, dan utilitas pemrograman papan.
  • Arduino Programming Language: Arduino menggunakan bahasa pemrograman yang mirip dengan bahasa C dan C++. Meskipun lebih mudah dipahami bagi pemula, namun memiliki kemampuan untuk melakukan berbagai tugas pemrograman tingkat tinggi dan tingkat rendah.
  • Libraries: Arduino menyediakan perpustakaan perangkat lunak yang dapat diakses oleh pengguna untuk menyederhanakan pengembangan. Perpustakaan ini mencakup fungsi-fungsi umum yang dapat digunakan untuk mengendalikan berbagai perangkat keras tanpa perlu menulis ulang kode dari awal.
  • Shield Arduino: Shields adalah modul perangkat keras tambahan yang dapat dipasang di atas papan Arduino untuk memberikan fungsionalitas tambahan. Misalnya, ada shield untuk komunikasi nirkabel, sensor-sensor tertentu, dan perangkat tambahan lainnya.
  • Proyek Elektronika: Arduino digunakan untuk mengembangkan berbagai proyek elektronika, mulai dari robotika hingga kontrol perangkat rumah pintar. Pengguna dapat membuat prototipe proyek mereka dengan menghubungkan berbagai komponen dan mengatur program melalui IDE Arduino.
Arduino memiliki peran penting sebagai memfasilitasi prototiping dan pengembangan proyek-proyek elektronika dengan biaya yang terjangkau. Oleh karena itu, platform ini sangat populer di kalangan pembuat (maker) dan pengembang amatir serta profesional.

Mikrokontroller adalah komputer yang berukuran mikro dalam satu chip IC (integrated circuit) yang terdiri dari processor, memory, dan antarmuka yang bisa diprogram. Jadi disebut komputer mikro karena dalam IC atau chip mikrokontroller terdiri dari CPU, memory, dan I/O yang bisa kita kontrol dengan memprogramnya. I/O juga sering disebut dengan GPIO (General Purpose Input Output Pins) yang berarti : pin yang bisa kita program sebagai input atau output sesuai kebutuhan.


Anda Dapat Memulai Belajar Dasar Arduino Uno Dengan Langkah-Langkah Sebagai Berikut:

  1. Dapatkan arduino uno: pertama, anda perlu memiliki board arduino uno. Anda dapat membelinya secara online atau dari toko elektronik lokal.
  2. Unduh dan instalasi perangkat lunak arduino: kunjungi situs resmi arduino (https://www.arduino.cc) dan unduh perangkat lunak arduino ide sesuai dengan sistem operasi anda. Instal aplikasi ini di komputer anda.
  3. Pelajari dasar-dasar elektronika: jika anda belum memiliki pengetahuan dasar tentang elektronika, maka belajar tentang komponen dasar seperti resistor, led, kabel, dan sirkuit sederhana akan membantu anda.
  4. Baca dokumentasi arduino: pelajari dokumentasi arduino yang tersedia di situs web resmi arduino. Ini akan memberikan pemahaman tentang board arduino uno, pin-pinnya, dan cara menghubungkannya.
  5. Coba contoh proyek: arduino ide dilengkapi dengan banyak contoh proyek. Coba eksekusi beberapa proyek sederhana untuk memahami cara memprogram arduino uno.
  6. Pelajari bahasa pemrograman arduino: arduino menggunakan bahasa pemrograman berdasarkan c/c++. Pelajari sintaks dasar dan fungsi yang umum digunakan dalam pemrograman arduino.
  7. Eksperimen sendiri: cobalah untuk membuat proyek sederhana sendiri. Mulailah dengan sesuatu yang mudah, seperti membuat led berkedip atau mengendalikan servo motor.
  8. Belajar dari sumber online: ada banyak tutorial, video, dan forum online yang dapat membantu anda dalam memahami arduino uno. Cari sumber-sumber ini dan pelajari dari komunitas arduino.
  9. Bergabung dengan komunitas arduino: bergabung dengan komunitas arduino di forum atau jejaring sosial untuk bertukar informasi, bertanya pertanyaan, dan berbagi proyek anda.
  10. Terus praktik: keahlian dalam arduino akan berkembang seiring dengan pengalaman. Terus praktik, eksperimen, dan jangan takut untuk mencoba hal-hal baru.

Tips dari “Myag”Ingatlah bahwa belajar Arduino memerlukan kesabaran dan konsistensi. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan, semakin mahir Anda akan menjadi dalam menggunakannya. Selamat belajar!

Penulis  :Myag
Editor    :Myag

Sabtu, 02 September 2023

Memilih Dan Menyelesaikan Persoalan Dikehidupan Sehari-Hari Dengan 4 Konsep Strategi Berfikir Komputasional


2 CONTOH KASUS PERMASALAHAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SECARA SEDERHANA DAN KOMPLEKS

contoh 1 Persoalan di kehidupan sehari-hari yang paling sederhana: Cara membuat nasi goreng special 

1.Abstraction(abstrak) nasi goreng adalah makanan berupa nasi yang digoreng dan dicampur dalam minyak goreng, margarin, atau mentega. Biasanya ditambah dengan kecap manis, bawang merah, bawang putih, asam jawa, lada dan bahan lainnya; seperti telur, daging ayam, dan kerupuk.

2.Algorithm design(algoritma) 

langkah-langkah yang akan kita lakukan yang pertama:

 A.   Potong sayuran dan daun bawang. Selanjutnya, cincang halus bawang putih, bawang merah dan parut jahe. Terakhir potong semua daging. 

 
B.     Tambahkan minyak sayur ke dalam wajan dengan api besar. Setelah minyak berasap, masukkan telur ke dalam wajan dan goreng. Setelah telur agak set, orak-arik dengan mengocoknya bersama spatula, kemudian sisihkan ke samping. 
 
C.     Tambahkan lebih banyak minyak, setelah berasap tambahkan nasi. Pisahkan dengan spatula untuk memastikan bahwa setiap butir digoreng secara merata. 
 
D.    Setelah sekitar dua menit, tambahkan daging, aduk sampai tercampur rata. Lanjutkan menggoreng selama dua menit atau lebih, jika daging tidak dimasak sebelumnya.
 
E.     Masukkan daun bawang dan aduk arata, sisakan setengahnya untuk hiasan. Tambahkan kecap asin, merica, dan garam secukupnya. 
 
F.      Matikan api dan biarkan dingin. Sekarang tambahkan minyak wijen dan aduk sampai merata ke dalam nasi. Hiasi dengan daun bawang, nasi goreng siap dinikmati. 

3.Decomposion(dekomposisi) Memilah masalah besar(hambatan besar) dalam membuat nasi goreng special secara sub masalah(dibagi bagi yang mana di antara yang lebih mudah dikerjakan). sub masalah yang pertama Menyiapkan peralatan memasak. sub masalah yang kedua Menyiapkan bahan-bahan.

4. Attern recognition(pengenalan pola) jadi hasil dari pola nasi goreng untuk nasi masih utuh tidak rapuh karena menggunakan bahan nasi jenis Nasi sushi yang berbutir pendek dan berkalori tinggi dengan warna yang cokelat merah dan tidak pucat.dan memiliki Rasa manis, pedas, dan gurih pun menjadi kombinasi yang menciptakan cita rasa begitu nikmat. jadi karena kita pernah membuat nasi goreng,kita juga dapat membuat kwetiuw karena prosesnya pembuatannya yg hampir mirip.kita bisa melihat bahwa pola untuk membuat nasi goreng atau kwetiuw hampir sama walaupun "bahan" yang digunakan agak berbeda. 


 

TAHAP KEDUA INI CONTOH DARI PERSOALAN PERMASALAHAN DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI SECARA KOMPLEKS.
"MENJADI PENGAJAR DI SUATU PELATIHAN"


Bayangkan Anda adalah seorang pengajar suatu pelatihan. Suatu hari Anda mendapat banyak tawaran untuk menjadi pengajar dalam beberapa pelatihan dari beberapa instansi atau lembaga. Namun, Anda tidak dapat memilih semua tawaran tersebut karena beberapa tawaran memiliki jadwal yang bentrok. Setiap pelatihan memiliki durasi masing-masing sesuai dengan jenis pelatihannya. Berikut 7 penawaran pelatihan, yaitu A, B, C, D, E, Fdan G dengan waktu dan durasi masing-masing.


Dengan asumsi Anda menyediakan sarana pelatihan dan peserta pelatihan hanya perlu datang ke tempat Anda sehingga Anda tidak perlu berpindah-pindah tempat mengajar, tentukan cara agar dapat memilih tawaran mengajar dengan jumlah paling banyak.

Penyelesaian:

Dengan menggunakan pendekatan berpikir komputasi, Anda akan menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan pilar-pilar dalam berpikir komputasi yang sudah Anda pelajari. Berikut adalah penggunaan setiap pilar.

1. Dekomposisi

Anda membagi permasalahan menjadi beberapa submasalah. Berikut pembagian yang dapat dilakukan.


Contoh tersebut adalah bagaimana Anda membagi masalah utama untuk mengajar pelatihan menjadi beberapa submasalah. Submasalah pertama adalah untuk meminta serta memetakan tawaran pelatihan yang masuk beserta jam dan durasinya. Sementara submasalah kedua adalah untuk memilih tawaran-tawaran yang mungkin sehingga kita mendapatkan jumlah tawaran yang banyak.

 

2. Pengenalan pola

Pengenalan pola yang dapat digunakan untuk kasus ini adalah sebagai berikut.

•  Penggunaan cara yang sama untuk meminta serta memetakan tawaran, jam dan durasinya untuk setiap tawaran yang masuk.

• Pengurutan dan pemilihan tawaran terbaik dengan algoritma greedy digunakan dengan pola yang sama untuk setiap tawaran yang masuk.

3.  Abstraksi
Mari kita lakukan analisis mengenai karakteristik-karakteristik yang penting dari masalah ini. Data yang mungkin ada pada kasus ini sebagai berikut:

A.      Nama instansi.

B.      Jumlah peserta.

C.      Nama pimpinan instansi.

D.      Durasi pelatihan.

E.       Waktu awal pelatihan.

F.       Waktu akhir pelatihan.

G.      Nama setiap peserta.

H.      Alamat instansi.


Anda tidak akan menggunakan semua karakteristik tersebut karena hanya beberapa karakteristik yang dibutuhkan. Jika Anda mencermati mengenai kasus yang akan Anda selesaikan, maka masalah utama yang akan kita selesaikan adalah mengenai pemilihan tawaran tawaran yang memungkinkan sehingga didapat nilai optimal. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, karakteristik yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

•Nama instansi              •Durasi pelatihan

•Waktu awal pelatihan •Waktu akhir pelatihan


4.  Algoritma
Anda akan membuat algoritma untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Adapun algoritma yang akan dibuat hanyalah untuk menyelesaikan submasalah pemilihan jadwal yang sesuai. Perhatikan kembali bagaimana Anda mendapatkan 7 tawaran mengajar pelatihan, yaitu A, B, C, D, E, F dan G dengan waktu dan durasi masing-masing.

Dibawah ini adalah hasil penyelesaian masalah berbentuk gambar tabel dari 7 tawaran pelatihan.


Anda dapat melihat bahwa terdapat beberapa tawaran yang bentrok satu sama lain. Anda akan memilih tawaran- tawaran yang memungkinkan Anda mendapatkan jumlah tawaran terbanyak. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, pada contoh kali ini Anda akan menggunakan algoritma greedy. Langkah-langkah yang dilakukan dengan algoritma greedy dapat dilihat pada flowchart berikut.

 Penjelasan flowchart tersebut adalah sebagai berikut. 


1.  Masukan data-data tawaran pelatihan.

2.  Kemudian, melakukan pengecekan apakah tawaran- tawaran tersebut bentrok.

3.  Jika tidak, maka data tersebut akan langsung menghasilkan sebuah jadwal. 

4.  Jika iya, maka akan melakukan proses dengan menentukan nilai setiap index i adalah 1 dan N sebagai jumlah tawaran. 

5.  Kemudian, dilakukan pengulangan untuk mengurutkan data dengan waktu selesai paling cepat sampai waktu selesai paling lama. Pengulangan tersebut dilakukan dengan mengidentifikasi apakah nilai i < N-1.

6.  Pengulangan akan terus dilakukan hingga nilai i < N-1 sudah tidak berlaku (nilai i lebih besar atau sama dengan nilai N-1). Yang berarti data tawaran dengan waktu selesai yang paling cepat sudah diketahui.

7.  Pada proses idetifikasi index j>-i+1 akan terus dilakukan pengurutan hingga akhirnya tawaran berurutan berdasar- kan jam selesai.

Sehingga akhirnya dapat digambarkan sebagai berikut.

8.  Jika sudah berhasil diurutkan dengan urutan dari waktu selesai paling cepat, maka secara otomatis proses akan berpindah dengan melakukan proses ke-2 yaitu untuk menghapus tawaran yang bentrok.

9.  Penghapusan dilakukan dengan memeriksa apakah masih ada jadwal tawaran yang bentrok atau tidak. Pertama kita akan membandingkan tawaran B dengan C, kemudian hasil yang didapatkan adalah penghapusan tawaran C karena bentrok dengan tawaran B. Selanjutnya membandingkan tawaran B dengan A dan menghasilkan tawaran A tidak dihapus karena tidak bentrok dengan jadwal B. Sementara tawaran D, G, dan E akan dihapus karena bentrok dengan tawaran A. Terakhir, tawaran F tidak dihapus karena tidak bentrok dengan tawaran A.

10. Maka pada akhirnya terbentuklah output jadwal dengan jumlah mengajar paling banyak tanpa ada jadwal yang bentrok seperti pada gambar berikut.




Gambar tersebut menunjukkan hasil akhir dari tawaran yang Anda pilih dengan memanfaatkan algoritma greedy. Hasil yang didapat cukup baik karena Anda mencoba memilih tawaran yang banyak tanpa ada tawaran yang bentrok satu sama lain.

 

πŸ”Rangkuman

1.  Berpikir komputasi merupakan pendekatan menggunakan kararkteristik, seperti pemikiran logis dan sistematis, dalam mencari solusi untuk memecahkan suatu permasalahan.

2.  Berpikir komputasi memiliki empat pilar, yaitu dekomposisi (decomposition), pengenalan pola (pattern recognition), abstraksi (abstraction), dan algoritma (algorithm).

3.  Dekomposisi (decomposition) merupakan pemecahan masalah besar menjadi submasalah yang lebih kecil.

4.  Pengenalan pola (pattern recognition) dapat diartikan sebagai cara menyelesaikan masalah atau submasalah dengan cara yang sama.

5.  Abstraksi (abstraction) merupakan proses memilih karakteristik-karateristik penting dari suatu masalah. Secara umum abstraksi digunakan untuk menemukan representasi dari suatu permasalahan yang ingin diselesaikan.


 

πŸ“ŒKesimpulan: Berfikir komputasional membantu seseorang untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah secara kompleks melalui cara-cara yang sederhana. Melatih otak agar terbiasa berpikir secara logis, kreatif, dan terstruktur. meningkatkan pemikiran logis.

Penulis   : Myag

Editor    : Myag




Memahami konsep strategi berfikir komputasional

Berpikir Komputasional 
Apa itu Berpikir Komputasional? 
Melalui Berpikir komputasional (BK), siswa akan berlatih berpikir seperti seorang ilmuwan Informatika, bukan berpikir seperti komputer karena komputer adalah mesin. Kegiatan utama dalam BK ialah penyelesaian masalah (problem solving), untuk menemukan solusi yang efisien, efektif, dan optimal sehingga solusinya bisa dijalankan oleh manusia maupun mesin. Dengan kata lain, kegiatan dalam BK ialah mencari strategi untuk mengatasi persoalan. Persoalan apa yang akan diselesaikan? Sebetulnya, hampir semua persoalan sehari-hari mengandung konsep komputasi sehingga bisa diselesaikan dengan bantuan mesin komputer. Sebagai contoh, robot yang bertugas melayani penjualan di restoran atau mengantar makanan dan obat untuk pasien di rumah sakit yang sudah dipakai di beberapa negara maju, sistem komputer untuk memantau perkebunan sawit yang siap panen dan sebagainya. Sistem computer pada hakikatnya meniru dunia ini untuk dijadikan dunia digital sehingga bisa membantu atau menggantikan manusia dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sulit maupun membosankan.

1. Dekomposisi(decomposition) merupakan pilar pertama lebih dalam berpikir komputasi. Pada pilar ini Anda melakukan pemecahan masalah besar menjadi submasalah yang kecil. Dengan cara seperti ini diharapkan akan mempermudah Anda dalam memecahkan masalah besar karena masalah yang lebih kecil cenderung lebih mudah untuk diselesaikan. 

2. Pengenalan pola (pattern recognition) merupakan pilar kedua dalam berpikir komputasi. Secara sederhana, pengenalan pola dapat diartikan sebagai cara menyelesaikan masalah atau sabmasalah dengan cara/pola yang sama. Dengan demikian, Anda tidak perlu melakukan cara yang sama secara berulang- lang untuk permasalahan yang sama. 

3. Abstraksi (abstraction) merupakan pilar ketiga dalam berpikir komputasi. Pada abstraksi Anda akan memilih karakteristik- karateristik penting dari suatu masalah. Secara umum abstraksi digunakan untuk menemukan representasi dari suatu permasalahan yang ingin Anda selesaikan. Abstraksi tergantung pada masalah yang ingin diselesaikan. Walaupun memiliki objek yang sama, tetapi jika memiliki permasalahan yang berbeda maka ketika abstraksi dilakukan akan mendapatkan hasil yang berbeda. 

4. Algoritma Pilar terakhir dalam berpikir komputasi adalah algoritma. Algoritma (algorithm) adalah sekumpulan instruksi atau langkah sistematis yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Banyak algoritma dalam kehidupan sehari- hari yang sudah sering Anda lakukan, namun seringkali Anda tidak sadari bahwa itu adalah algoritma.

 πŸ“ŒCatatan: Dalam menyusun konsep strategi konsep berfikir komputasional bisa di mulai urutan dari dekomposisi,pengenalan pola,abstraksi,algoritma. ataupun bisa juga dari abstraksi,algoritma,dekomposisi,pengenalan pola. untuk urutan di sesuaikan dengan judul dari permasalahan berfikir komputasional, teman-teman. 

Kesimpulan: BK perlu diasah dengan latihan rutin, mulai dari persoalan sederhana dan kecil. Kemudian, secara bertahap, persoalannya ditingkatkan menjadi makin besar, kompleks, dan rumit. Makin besar dan kompleks suatu persoalan, solusinya makin membutuhkan komputer agar dapat diselesaikan secara efektif(menghemat waktu) dan efisien(menghemat biaya).

Project latihan dasar blink led arduino tanpa variable

1.     PERSIAPAN BAHAN: ·       Papan breadboard     : https://images.app.goo.gl/wJ9TQUehrMzGjN5Q7 ·       Arduino board uno   : https://ima...